Sumur Artesis di RT 08 RW 04 Malaka jaya Diresmikan Aspem DKI. Jakarta, Sigit Wijatmoko

PostJakarta
0



Jakarta, Malaka jaya.

Sumur Artesis Warga RT 08 RW 04 Malaka Jaya hasil Swadaya para Warga diresmikan penggunaannya oleh Asisten Pemerintahan Sekretariat Daerah Prov. DKI Sigit Wijatmoko, AP., M.Si., CPS., CRMP., pada 21/09/2024.

Sigit Wijatmoko mengatakan, 
"Dalam acara peresmian sumur Artesis di RT 08 RW 04 Malaka jaya ini banyak pembelajaran yang saya dapatkan, bagaimana warga memiliki kesadaran dan inovasi kolektif bersama untuk mengatai issue yang berkaitan dengan lingkungan, (yaitu) krisis planet. Ada 4 pilar yang menjadi konsentrasi sebagai rujukan yang ditetapkan oleh kementerian lingkungan hidup dan ada 40 item pencegah krisis plane bisa dipenuhi oleh warga pak Taufiq di RT 08 RW 04 Malaka Jaya. Dimana sumur Artesis yang kami resmikan hari ini adalah item ke-41 sebagai bagian dari 4 pilar dimaksud. 

“Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan terus mendampingi warga sekaligus juga memfasilitasi pengembangan inovasi-inovasi yang lain. Sehingga masyarakatnya bisa tumbuh maju bisa berusaha dan bisa berketahanan dalam kondisi lokal masing masing".

Sigit menambahkan, "Hari ini bersama teman-teman Kota Administrasi Jakarta Timur dan Kepala Biro Pemerintahan DKI yang pertama adalah bagaimana ini bisa digetoktularkan, kami akan mengundang pak ketua RT8 dan beberapa pioner terpilih untuk berbagi  pengalaman di Channel pemprov. Jakarta sebagai bagian dari edukasi. Karena dengan itu maka akan banyak yang berinteraksi dan bisa menjadi bagian pengembangan dari usaha yang  telah dilakukan di lingkungan RT 08 RW 04 Malaka Jaya ini. 

Yang kedua, berkaitan dengan program Pemprov DKI, kita tahu bersama tadi ada kolam gizi untuk warga (balia dan lansia), ada sumur resapan dalam, dll. itu merupakan salah satu kerja sama/sinergi antara pemerintah dan warga RT8 RW4 Malaka Jaya yang  bisa dijadikan bahan untuk sosialisasi sebagai contoh bentuk tindakan nyata di lapangan yang telah dilakukan di lingkungan RT 08 RW 04 Malaka Jaya".

"Terkait dengan sosial ekonomi di wilayah RT 08 pak Sigit menambahkan, bahwa ruang yang di RT 08 bisa di manfaatkan sebagai ruang interaksi (kolam gizi warga, red.) yang tentu akan punya dampak positif dalam pengembangan kehidupan sosial masyarakat dan melalui usaha ekonomi sirkuler yang ada akan bisa dikembangkan lebih maju lagi. Dari mulai produk olahan pangan dan lainnya yang bisa memberikan manfaat ekonomi bagi warga di RT 08 RW 04 Malaka Jaya". 

Sementara itu Ketua RT 08 RW 04 Kelurahan Malaka Jaya, Dr. Taufiq Supriadi menyampaikan apresiasinya kepada Aspem Setda DKI atas kedatangannya untuk meresmikan sumur Artesis warga. “Sumur ini dibuat untuk membantu warga yang tidak memiliki air sebagai bentuk dukungan kami kepada SDGs nomor 3, 6 dan 11. Kami akan terus berusaha mendukung program pemerintah dalam melestarikan lingkungan serta berinovasi guna menjaga lingkungan tetap lestari. Hal ini bagian dari tugas kita dalam melaksanakan Pasal 70 ayat 1 UU.32 tahun 2009 tentang lingkungan hidup, dimana kita memiliki hak yang sama menjaga lingkungan tetap lestari dengan cara kita masing-masing.“

"Jadi kami sepakat dengan beliau (Aspem Setda DKi, Red) bahwa kami menunggu undangan sinergitas dari Pemprov. Jakarta dalam program berbagi keilmuan kepada masyarakat. Semoga kita bisa terus mewarnai dan bukan terwarnai. Insya Allah kita siap bersinergi dengan siapa saja dalam mendukung program pemerintah untuk menjaga lingkungan tetap lestari bersama 41 item terbarukan". Tutup Ketua RT8 Taufiq Supriadi.

Hadir dalam Acara Peresmian Sumur Artesis Warga RT9 RW4 Malaka Jaya diantaranya,
1. Sigit Wijatmoko, AP., M.Si., CPS., CRMP. Aspem Setda DKI.
2. Freddy. Karopem Prov. DKI. 
3. Eko Gumelar Selaku Kasudin Lingkungan Hidup Jakarta Timur.
4. Kelik Sutanto, AP, MA - Kepala Kecamatan Duren Sawit.
5. A. Rauf - Kasudin SDA Jaktim.
6. Nelson - Kabid Air Baku DSDA DKI. Jakarta;
7. Asi Yanto,S.Sos. - Kepala Kelurahan Malaka Jaya.



Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)