HUT ke-70 IP-KI: "Sinergi IP-KI Membangun Negeri". Mitra Juang Lembaga Hadir Ucapkan Selamat

PostJakarta
0




Jakarta 25 Mei 2024,

Organisasi kebangsaan Ikatan Pendukung Kemerdekaan Indonesia (IP-KI) melangsungkan perayaan ulang tahun ke 70 yang bertema ‘Sinergi IP-KI Membangun Negeri’ di Sekolah Bakti Mulya 400, Jakarta Selatan.

Perayaan dengan berlokasi di area pendidikan, merupakan inisiasi dari Direktur Pelaksana Harian Yayasan Pendidikan Bakti Mulya 400 (BM 400) Bapak Dr. Sutrisno Muslimin, M.Si, atas kerja sama yang telah terjalin dari kedua belah pihak sekaligus menjadi langkah awal implementasi persiapan pengenalan Sekolah Kebangsaan yang di gagas oleh DPP IP-KI dan akan dilaksanakan nantinya kepada semua elemen sekolah di Bakti Mulya 400.

penganugerahan Tokoh Inspirator Kebangsaan IP-KI’ kepada 5 figur yang telah secara aktif dan konsisten memberikan inspirasi nilai-nilai perjuangan serta wujud rasa cinta tanah air

Suatu kehormatan penyelenggaran IP-KI ini dapat dihadiri oleh banyak pihak, seperti kehadiran Bapak Dr. Bambang Soesatyo, S.E., S.H.,M.B.A sebagai ketua MPR RI yang juga dalam sambutannya memberikan semangat dan pandangan kepada IP-KI bahwa masih banyak pekerjaan rumah kita sebagai saudara sebangsa, khususnya IP-KI untuk dapat menemu kenali ancaman terkini yang berpotensi merusak bangsa. Turut hadir mewakili Bapak Menteri Dalam Negeri Bapak Drs. Drajat Wisnu Setyawan, MM selaku Direktur Bina Ideologi Karakter dan Wawasan Kebangsaan, mewakili Kapolri Bapak Kombes. Pol Dally Achmad, Wadir Sosbud Baintelkam Polri. Kehadiran berbagai mitra juang lembaga yang memiliki kesamaan perjuangan dengan IP-KI dalam HUT ke 70, juga dihadiri oleh diantaranya; Ketua Umum Kongres Wanita Indonesia (KOWANI) yang diwakili oleh Ibu Angelia Sasongko selaku Wakil Ketua Umum KOWANI, Perkumpulan Wanita Pejuang 45, Ikatan Keluarga Pahlawan Nasional Indonesia, Ikatan Keluarga Batalyon 400 Siliwangi, Para pengurus jajaran DPP IP-KI, Ketua DPW IP-KI serta para Kader.“IP-KI sejak berdiri tanggal 20 Mei 1954, telah banyak menghasilkan sayap organisasi yang hingga hari ini bahkan dapat berkibar besar ke seantero Nusantara dan saat ini menjadi mitra strategis IP-KI, seperti Pemuda Pancasilayang dipimpin oleh Bapak KPH Japto Soerjosoemarno, S.H” pungkas Ketua Umum DPP IP-KI Bapak Baskara Harimukti Sukarya dalam sambutan Pembukanya.

Baskara Sukarya juga sampaikan, “turut hadir Dr. Taufik Supriadi selaku wakil Ketua Umum DPP Asosiasi Rukun Warga dan Rukun Tetangga Indonesia (ARWT) yang juga memiliki kesamaan visi misi dengan IP-KI, terlebih Asosiasi ini telah memiliki catatan rekor MURI dalam membuat Media Percontohan Pembelajaran Pencegah Krisis Planet dimana hal tersebut bila ditarik dalam bentuk kejuangan IP-KI merupakan wujud nyata Cinta Tanah Air dan Bangsa”.


Disatu sisi "Perayaan ini merupakan kesempatan menjangkau generasi muda untuk memaknai PANCASILA dan suasana batin kebangsaan dengan cara-cara kekinian namun tetap perlu mengetahui proses, dimana dalam hari ini kami sangat terhormat kehadiran Bapak Amad, selaku pejuang pertempuran 10 November 1945 yang masih hidup dan beliau berusia 102 tahun, apa yang telah beliau lakukan, belum tentu generasi saat ini dapat rasakan atau alami”ucap Troy Aldi Pratama, selaku Sekretaris Jenderal DPP IP-KI sekaligus Ketua Penyelenggara HUT ke 70 IP-KI. 

Penandatangan MoU Kerja Sama DPP IP-KI dengan Universitas Pendidikan Indonesia terkait implementasi Tri Darma Perguruan Tinggi

Acara HUT ke 70 IP-KI dimeriahkan dengan beberapa rangkaian inti kegiatan, seperti; Penandatangan MoU Kerja Sama DPP IP-KI dengan Universitas Pendidikan Indonesia terkait implementasi Tri Darma Perguruan Tinggi yang dalam kesempatan ini hadir mewakili Rektor, yaitu Prof. Dr. Bunyamin Mafruh, MA selaku Wakil Rektor Bidang Kerja Sama dan Riset UPI, dilanjutkan Kegiatan penganugerahan Tokoh Inspirator Kebangsaan IP-KI’ kepada 5 figur yang telah secara aktif dan konsisten memberikan inspirasi nilai-nilai perjuangan serta wujud rasa cinta tanah air dalam bentuk nyata bela negara yang manfaatnya dapat dirasakan kepada masyarakat sekitar yaitu Jenderal Besar AH Nasution selaku Pendiri IP-KI diwakili oleh Ibu Eyanti Nasution, Cucu Bapak Jenderal Besar AH. Nasution, Bapak Amad Pejuang PErtempuran 10 November 1945, Bapak R Murkirnadi SW selaku Kader dan pengurus IP-KI yang berusia senior, Ibu Sumarsih SE selaku Kader dan pengurus DPP IP-KI sejak 1992, dan Bapak Aiptu Kasdulah. 


Bedah Buku & Diskusi Wawasan Kebangsaan’ yang menampilkan proses diskusi dan dialog interaktif 

Kemudian dilanjutkan kegiatan peluncuran perdana Serial Buku Kebangsaan IP-KI yang mengangkat judul Keteladanan Bernegara ala Mohammad Natsir yang ditulis oleh Bapak M. Fuad Nasar, S.Soc, M.Sc dilanjutkan ‘Bedah Buku & Diskusi Wawasan Kebangsaan’ yang menampilkan proses diskusi dan dialog interaktif dengan masyarakat, khususnya para generasi muda Indonesia dari kalangan para pelajar dan perguruan tinggi. 

Rangkaian acara ulang tahun IP-KI ke 70 ini didedikasikan tidak hanya sebatas perayaan organisasi, namun bentuk publikasi dan sosialisasi kepada masyarakat. Bahwa transformasi kelembagaan organisasi kebangsaan IP-KI, dalam upaya SINERGI IP-KI MEMBANGUN NEGERI akan terus dilakukan untuk dapat memberikan darma bakti dan menjaga kedaulatan NKRI.

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)