Connect with us

Nasional

IP-KI sebagai Organisasi Kebangsaan siap bertransformasi

Published

on

Jakarta,

Akhir dari rangkaian Munas ke 20 IP-KI (Ikatan Pendukung Kemerdekaan Indonesia) tahun 2023 menghasilkan ketua umum IP-KI  dan Pengurus DPP IP-KI periode 2023-2028 . Sebagai ketua umum IPKI terpilih H. Baskara Hari Mukti Sukarya melaksanakan pengukuhan para pengurus DPP IP-KI periode 2023-2028 yang di laksanakan di Hotel Milenium jakarta. (16 September 2023)

 Inilah Pidato H. Baskara Hari Mukti Sukarya Dalam Seremonial Acara Pengukuhan Pengurus IP-KI Periode 2023-2028.

” Perayaan 78 Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia telah dilewati, dalam lintasan waktu tersebut, proses transformasi perbaikan insan Indonesia sebagai suatu bangsa pun terus terjadi hingga saat ini, dan harus terus optimis menjelang 100 tahun Indonesia nanti hingga cita-cita para pendiri bangsa Indonesia yang tercantum dalam Mukadimah Undang-Undang Dasar Tahun1945, dapat dirasakan oleh segenap individu rakyat Indonesia. Bonus Demografi yang dialami Bangsa Indonesia saat ini, menjelang 100 tahun Indonesia Emas, patut dipersiapkan secara matang, strategis dan berkelanjutan. 

Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2022, Penduduk Indonesia dalam usia produktif berada pada angka 69,25% atau sejumlah 190,83 juta jiwa dari total keseluruhan Penduduk Indonesia saat ini. Angka ini merupakan posisi penting dan vital untuk dapat membangun Negeri melesat jauh dalam bersaing pada tatanan Global Dunia.

Ketua umum IP-KI (tengah) bersama Wakil Ketua Umum Bid. Kesra dan Ketua Umum dan Wakil Ketua Umum Bid. Polhukam. 

Ikatan Pendukung Kemerdekaan Indonesia (IP-KI) pada Musyawarah Nasional (MUNAS) ke-20 Tahun 2023, menetapkan arah Kompas perjuangan Organisasi Kebangsaan ini untuk dapat berperan, berkontribusi dan memberikan andil yang lebih strategis lagi bagi Bangsa dan Negara. Tidak hanya sebatas sebagai Think Tank Organization, namun juga perlu memberikan kontribusi konkret yang berkelanjutan bagi masyarakat.

Mewujudkan 100 Tahun Indonesia Emas, artinya perlu mempersiapkan para generasi muda Bangsa saat ini. Untuk itulah Ikatan Pendukung Kemerdekaan Indonesia (IP-KI) hadir kembali untuk mewujudkan cita-cita para pendiri bangsa ini dan turut ambil bagian dalam mewujudkan 100 tahun Indonesia Emas.

“Indonesia sedang menerima Bonus Demografi sebagai suatu momentum kesempatan bagi kita bersama, untuk dapat menentukan harkat dan martabat bangsa kita nantinya akan menjadi Indonesia dengan makna warna Emas itu sendiri. 

IPKI mendorong upaya pemerintah untuk menempatkan para generasi muda Bangsa sebagai skala prioritas utama, saya rasa hal tersebut adalah hal yang bijak untuk dapat kita lakukan saat ini.

 Strategi transformasi kelembagaan IP-KI sebagaimana dulu didirikan oleh para pendiri seperti Jenderal Besar AH Nasution, serta para pejuang kemerdekaan dan tentara Republik Indonesia pada saat itu, adalah transformasi yang bukan sekedar optimalisasi fungsi, melainkan juga penyesuaian metodologi yang beriringan dengan perkembangan zaman. 

Di era digital ini, teknologi dapat menjadi alat utama dalam menyampaikan pesan moral kebangsaan dengan bentuk yang lebih efektif dan merata kepada seluruh individu masyarakat, khususnya para generasi muda Bangsa ini. IP-KI terus berusaha untuk mengoptimalisasi teknologi dalam menginspirasi masyarakat untuk menjunjung tinggi nilai-nilai luhur Pancasila, 

Saat Ini yang  menjadi concern utama IP-KI tatkala adanya data penelitian dari Setara Institut yang menyajikan data kurang lebih 57% generasi muda tidak keberatan bila Ideologi PANCASILA diganti. Hal tersebut menjadi kekhawatiran sekaligus menjadi perhatian khusus dari IP-KI dalam melihat kondisi generasi muda saat ini.

Atas kondisi tersebut, IP-KI bukanlah sebagai entitas yang dapat berdiri sendiri, tetapi sebagai bagian integral dari Masyarakat dan Pemerintah dalam membangun sinergitas. IP-KI berusaha untuk selalu hadir di tengah- masyarakat, berbagi ruang dan pandangan, serta menjadi penjaga api Nasionalisme dan Cinta Tanah Air sekaligus berupaya secara konsisten dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

Kami berharap masyarakat dapat bersatu dan dan memandang masa depan yang lebih baik sebagai satu kesatuan bangsa yang kuat dalam segala situasi dan kondisi, terlebih dalam menjelang pesta Demokrasi.

Dalam penyambut gempita demokrasi tahun 2024, IP-KI menghimbau kepada seluruh elemen masyarakat khususnya dalam rangka menjelang proses demokrasi pemilihan umum negara Indonesia, agar tetap bersatu, mengedepankan proses demokrasi yang kondusif dan saling menghargai juga menghormati serta bersama-sama berkomitmen untuk menjaga kedaulatan Indonesia yang menjunjung tinggi harkat dan martabat manusia dan setiap hak-hak warga negaranya serta tegas dalam mewujudkan keadilan bagi seluruh rakyat Indonesia. 

Tingkat usia produktif meningkat, kunci Indonesia menjadi negara besar dunia, namun Keadilan harus diwujudkan secara totalitas dan menjadi perhatian dalam sisi Pendidikan sebagai pondasi vital, ekonomi penopang negara, transformasi perkembangan teknologi dalam setiap lini, namu tetap tanpa kehilangan jati diri sebagai bangsa NKRI dan menutup celah Korupsi sebagai sebuah pola ataupun kultur yang tidak mengedepankan Keadilan Sosial bagi seluruh Rakyat Indonesia.

Roh IP-KI sebagai Organisasi Kebangsaan siap bertransformasi dengan memprioritaskan kualitas pembangunan khususnya pada generasi muda saat ini sebagai suatu pengisi bonus demografi dalam suatu siklus panjang yang saat ini harus dipersiapkan secara serius. (Red)

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Nasional

Sekjen Kemendagri Beberkan Kunci Sukses Penerapan Otonomi Daerah

Published

on

Jakarta – Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Suhajar Diantoro membeberkan kunci sukses penerapan otonomi daerah. Menurutnya, di tengah penerapan sistem otonomi daerah, kepemimpinan yang kuat dari kepala daerah merupakan salah satu variabel terpenting dalam mendukung kemajuan suatu daerah. Ini mengingat sistem otonomi daerah memberikan sejumlah kewenangan terkait urusan pemerintahan kepada pemerintah daerah (Pemda).

Hal itu disampaikan Suhajar saat membuka Pelatihan Kepemimpinan Nasional Tingkat II Angkatan III Tahun 2024 di Kantor Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kemendagri, Jakarta, Rabu (21/2/2024).

Meskipun demikian, lanjut Suhajar, kepemimpinan yang kuat dari kepala daerah tidak dapat berjalan efektif bila kepala perangkat daerah tidak memberikan dukungan secara optimal. Oleh karena itu, variabel kedua kesuksesan otonomi daerah adalah kapasitas perangkat Pemda. Hal ini karena mereka bertanggung jawab dalam mengerjakan kebijakan yang ditetapkan oleh kepala daerah.

“Yang ketiga adalah partisipasi dan kontrol masyarakat, karena yang dilayani adalah masyarakat,” ujar Suhajar.

Dirinya menegaskan, Pemda harus mengutamakan pelayanan kepada masyarakat. Hal ini salah satunya dengan memberikan pelayanan yang mudah, cepat, murah, bahkan gratis.

“Dan fungsi pemerintahan adalah pelayanan untuk melahirkan keadilan, pembangunan untuk melahirkan kesejahteraan, pemberdayaan untuk melahirkan kemandirian, dan pengaturan untuk melahirkan ketertiban,” tandas Suhajar.

Continue Reading

Nasional

Hj. Ela Dahlia Pejuang 1 Kursi Untuk Fraksi PKS DPRD Kota Depok

Published

on

Sawangan, Dipastikan Caleg nomor 11dari PKS, Hj. Ela Dahlia sebagai pendatang baru menyumbang 1 kursi bagi fraksi PKS DPRD kota Depok dengan perolehan suara signifikan. Hingga setiap harinya berdatangan para pendukungnya mengucapkan selamat dan sukses kepada HJ. Ela Dahlia.

Caleg nomor 11 dengan mendapatkan nmr kursi 11 DPRD kota depok.

Hj. Ela Dahlia boleh di bilang aktivis lingkungan . Banyak karya nyata Hj. Ela yang berlanjut hingga sekarang dalam upaya memajukan sisi kesehatan dan pendidikan. Itulah yang paling menonjol . Khususnya wilayah Sawangan baru. sosok Hj. Ela sangat akrab di tengah masyarakat sawangan baru. Khususnya ibu ibu. Majlis Ta’lim.

Hj. Ela hingga kini masih sebagai ketua forum komunikasi majlis ta’lim se- kec. Sawangan kota Depok. Terasa perjuangan nyata dalam membangun kesadaran menimba ilmu dalam majlis ta’lim itulah yang dikedepankan.
Hj. Ela tokoh muda pun selanjutnya berani mencalonkan sebagai caleg dari PKS Dapil 6 SABOCI (Sawangan, Bojongsari, Cipayung) di kontestasi politik pemilu 2024. Hj. Ela mendapat suara amanah dari masyarakat dalam kancah perpolitikan kota Depok. Bahkan bisa dikategorikan pejuang kursi bagi PKS.

Mengapa hj. Ela bersemangat untuk menceburkan diri dalam kancah perpolitikan, bersebab ingin perjuangan kemaslahatan kaum wanita. Dan masyarakat berharap penuh bahwa Hj. Ela Dahlia seoranglah yang mampu menyerukan aspirasi masyarakat sawangan baru. Itulah dorongannya, itulah vitaminnya.
Kini terbersit dan dipastikan bahwa beliau akan duduk di kursi DPRD kota Depok.

Harapan bagi pemilih dan simpatisan Hj. Ela Dahlia , bahwa di masa masa penghitungan suara yang saat ini masih berlangsung di tiap kecamatan dan akan berlanjut kepenghitungan tingkat Kota Depok, harus dikawal dalam penghitungan suara.

( tulisan ini hasil rangkuman dialog postjakarta dengan  Ketua Harian Relawan 11 , Ustadz Indra Kurniawan)

Continue Reading

Nasional

Ketua TPP Kelurahan Kedaung Berharap Tidak Ada ekses Negatif di Pesta Demokrasi

Published

on

Kedaung,

Hari ini 13/02/2024, pendistribusian logistik Pemilu kelurahan Kedaung dilaksanakan . Ada 50 TPS yang tersebar di wilayah kelurahan Kedaung mendapatkan giliran untuk diantarkan petugas PPS kelurahan Kedaung kec sawangan kota Depok .

Perlu di ketahui bahwa Team pemantau pemilu kelurahan Kedaung akan memberikan reward kepada setiap TPS yang berhasil mendatangkan peserta pemilu terbanyak .

Ketua team pemantau Pemilu kelurahan Kedaung Dion Wijaya, berharap bahwa semoga dengan adanya pesta demokrasi di wilayah kelurahan Kedaung berjalan lancar tertib dan aman. Tidak ada ekses negatif dari penyelenggaraan pemilu tahun ini.

Dion juga mengucapkan terimakasih yang sebesarnya kepada para masyarakat serta relawan lingkungan Kedaung yang dengan ikhlas membantu jalannya pendistribusian logistik TPS di 50 lokasi .

Untuk menambah daya semangat warga kedaung serta meningkatkan partisipasi kehadiran di TPS pada kelurahan kedaung dan menghindari untuk tidak golput
Lurah kedaung (Dion Wijaya) menyiapkan hadiah untuk tingkat partisipasi pemilih tertinggi di TPS…
Untuk tingkat partisipasi ke 1 hadiah uang Rp. 1.500.000
Tingkat partisipasi ke 2 hadiah uang Rp.1.000.000
Tingkat partisipasi ke 3 hadiah uang Rp.500.000.

” Ayo datang ke TPS
jangan golput “. Tutup ketua pemantau Pemilu kelurahan Kedaung.

Marudin ketua PPS kelurahan menambahkan, bahwa Terkait dengan pendistribusian logistik di setiap TPS wilayah Kedaung. Alhamdulillah lancar pengiriman terkait ke 50 TPS yang ada di Kedaung . terlibat dalam pendistribusian adalah panitia PPS dan sekretariat PPS kelurahan juga masyarakat. Ada 12.000 DPT di kelurahan kedaung terbagi di 50 TPS . Setiap TPS ditempatkan 7 petugas PPS “. tutup Marudin

Continue Reading

Trending