Connect with us

Nasional

Menteri PPPA : Perempuan Adalah Aktivis Perdamaian yang Kuat dan Negosiator yang Mumpuni

Published

on

Yogyakarta 

(06/07) –  Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Bintang Puspayoga membuka KTT Perdamaian dan Keamanan Perempuan ASEAN (ASEAN WPS Summit: High Level Dialogue) – Dialog Tingkat Tinggi untuk Memajukan Implementasi Rencana Aksi Regional tentang Perempuan, Perdamaian, dan Keamanan, .yang berlangsung 6 – 7 Juli 2023 di Yogyakarta. Menteri PPPA menegaskan bahwa Indonesia telah memilih tema “ASEAN Matters: Epicentrum of Growth”, yang melambangkan komitmen untuk meningkatkan signifikansi dan relevansi ASEAN di kawasan maupun di panggung global. Dalam mencapai pertumbuhan tersebut, ASEAN tidak boleh meninggalkan para perempuan termasuk dalam agenda perdamaian dan keamanan karena perempuan dan anak perempuan rentan menjadi korban kekerasan gender pada kondisi konflik.

“Konflik memiliki efek buruk yang mendalam dan seringkali tidak proporsional pada perempuan dan anak perempuan. Mereka lebih rentan terhadap Kekerasan Berbasis Gender yang diperparah oleh konflik. Ketika sumber daya langka, mereka juga menjadi kelompok pertama yang kelaparan, dikeluarkan dari sekolah, dan terluka tanpa perawatan kesehatan yang layak,” tutur Menteri PPPA.

Perempuan tidak bisa dipandang sebelah mata khususnya dalam upaya pencegahan konflik karena perempuan memiliki kepekaan khusus  untuk membangun rekonsiliasi.

“Dalam pencegahan konflik, negosiasi perdamaian, dan rekonstruksi pasca-konflik, perempuan seringkali dipandang lemah, dan suaranya sering diremehkan. Namun, pada kenyataannya, perempuan adalah aktivis perdamaian yang kuat dan negosiator yang mumpuni. Kepekaan alami perempuan membangun rasa saling menghormati dan inklusivitas di antara berbagai kelompok. Perempuan membawa perspektif, pengalaman, dan keterampilan unik, seringkali berfokus pada penyembuhan dan rekonsiliasi komunitas. Dan karena itu, partisipasi mereka yang berarti dalam proses perdamaian meningkatkan keefektifan, legitimasi, dan keberlanjutan perdamaian,” ujar Menteri PPPA.

Plt. Deputi Bidang Perlindungan Hak Perempuan Kemen PPPA, Indra Gunawan menyatakan bahwa sebagai aksi aktif untuk melindungi perempuan dalam konflik, Indonesia telah memiliki Rencana Aksi Nasional Perlindungan dan Pemberdayaan Perempuan dan Anak dalam Konflik Sosial (RAN – P3AKS). 

“KemenPPPA bekerjasama dengan Kemenko-PMK dan stake holder lain telah memiliki Rencana Aksi Nasional Perlindungan dan Pemberdayaan Perempuan dan Anak dalam Konflik Sosial (RAN – P3AKS). Untuk RAN-P3KAS diberlakukan periode 2014 – 2019. Kemudian pada tahun 2021, kami kembali mengaktifkan kembali RAN-P3AKS yang ditetapkan dengan Permenko PMK 5 tahun 2021 tentang RAN P3AKS. Salah satu implementasi dari Ran P3AKS ini adalah mendorong perempuan untuk bisa terlibat mencegah 

konflik sosial, dan hal ini sudah kita lihat kemarin saat selegasi ASEAN melakukan study visit ke Desa Damai (Peace Village) di Desa Sinduharjo,” ucap Indra.

Indra menambahkan Rencana Aksi Nasional ini juga menjadi acuan bagi pemerintah daerah untuk menyusun Rencana Aksi Daerah.

Dalam KTT Perdamaian dan Keamanan Perempuan ASEAN, Pemerintah Indonesia, menegaskan kembali komitmen untuk membangun lingkungan yang suportif bagi perempuan dan anak perempuan untuk secara aktif berkontribusi dalam pencegahan konflik, negosiasi perdamaian, dan rekonstruksi pasca-konflik; dan melindungi perempuan dan anak perempuan dari dampak buruk konflik. 

“Saya sangat berharap bahwa kita semua yang hadir juga dapat memperkuat komitmen dan tindakan kolaboratif kita untuk sepenuhnya memajukan agenda perempuan, perdamaian, dan keamanan. saya berharap bahwa bersama-sama, kita dapat bekerja untuk mengubah pola pikir, menantang norma-norma konvensional, dan membayangkan masa depan di mana partisipasi dan kepemimpinan perempuan dalam perdamaian dan keamanan menjadi norma, bukan pengecualian. Mari kita identifikasi langkah-langkah konkrit dan tindakan nyata tentang bagaimana menerapkan perempuan, perdamaian, dan keamanan yang akan membawa perubahan transformatif di seluruh ASEAN,” tutup Menteri PPPA. 

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Nasional

Sekjen Kemendagri Beberkan Kunci Sukses Penerapan Otonomi Daerah

Published

on

Jakarta – Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Suhajar Diantoro membeberkan kunci sukses penerapan otonomi daerah. Menurutnya, di tengah penerapan sistem otonomi daerah, kepemimpinan yang kuat dari kepala daerah merupakan salah satu variabel terpenting dalam mendukung kemajuan suatu daerah. Ini mengingat sistem otonomi daerah memberikan sejumlah kewenangan terkait urusan pemerintahan kepada pemerintah daerah (Pemda).

Hal itu disampaikan Suhajar saat membuka Pelatihan Kepemimpinan Nasional Tingkat II Angkatan III Tahun 2024 di Kantor Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kemendagri, Jakarta, Rabu (21/2/2024).

Meskipun demikian, lanjut Suhajar, kepemimpinan yang kuat dari kepala daerah tidak dapat berjalan efektif bila kepala perangkat daerah tidak memberikan dukungan secara optimal. Oleh karena itu, variabel kedua kesuksesan otonomi daerah adalah kapasitas perangkat Pemda. Hal ini karena mereka bertanggung jawab dalam mengerjakan kebijakan yang ditetapkan oleh kepala daerah.

“Yang ketiga adalah partisipasi dan kontrol masyarakat, karena yang dilayani adalah masyarakat,” ujar Suhajar.

Dirinya menegaskan, Pemda harus mengutamakan pelayanan kepada masyarakat. Hal ini salah satunya dengan memberikan pelayanan yang mudah, cepat, murah, bahkan gratis.

“Dan fungsi pemerintahan adalah pelayanan untuk melahirkan keadilan, pembangunan untuk melahirkan kesejahteraan, pemberdayaan untuk melahirkan kemandirian, dan pengaturan untuk melahirkan ketertiban,” tandas Suhajar.

Continue Reading

Nasional

Hj. Ela Dahlia Pejuang 1 Kursi Untuk Fraksi PKS DPRD Kota Depok

Published

on

Sawangan, Dipastikan Caleg nomor 11dari PKS, Hj. Ela Dahlia sebagai pendatang baru menyumbang 1 kursi bagi fraksi PKS DPRD kota Depok dengan perolehan suara signifikan. Hingga setiap harinya berdatangan para pendukungnya mengucapkan selamat dan sukses kepada HJ. Ela Dahlia.

Caleg nomor 11 dengan mendapatkan nmr kursi 11 DPRD kota depok.

Hj. Ela Dahlia boleh di bilang aktivis lingkungan . Banyak karya nyata Hj. Ela yang berlanjut hingga sekarang dalam upaya memajukan sisi kesehatan dan pendidikan. Itulah yang paling menonjol . Khususnya wilayah Sawangan baru. sosok Hj. Ela sangat akrab di tengah masyarakat sawangan baru. Khususnya ibu ibu. Majlis Ta’lim.

Hj. Ela hingga kini masih sebagai ketua forum komunikasi majlis ta’lim se- kec. Sawangan kota Depok. Terasa perjuangan nyata dalam membangun kesadaran menimba ilmu dalam majlis ta’lim itulah yang dikedepankan.
Hj. Ela tokoh muda pun selanjutnya berani mencalonkan sebagai caleg dari PKS Dapil 6 SABOCI (Sawangan, Bojongsari, Cipayung) di kontestasi politik pemilu 2024. Hj. Ela mendapat suara amanah dari masyarakat dalam kancah perpolitikan kota Depok. Bahkan bisa dikategorikan pejuang kursi bagi PKS.

Mengapa hj. Ela bersemangat untuk menceburkan diri dalam kancah perpolitikan, bersebab ingin perjuangan kemaslahatan kaum wanita. Dan masyarakat berharap penuh bahwa Hj. Ela Dahlia seoranglah yang mampu menyerukan aspirasi masyarakat sawangan baru. Itulah dorongannya, itulah vitaminnya.
Kini terbersit dan dipastikan bahwa beliau akan duduk di kursi DPRD kota Depok.

Harapan bagi pemilih dan simpatisan Hj. Ela Dahlia , bahwa di masa masa penghitungan suara yang saat ini masih berlangsung di tiap kecamatan dan akan berlanjut kepenghitungan tingkat Kota Depok, harus dikawal dalam penghitungan suara.

( tulisan ini hasil rangkuman dialog postjakarta dengan  Ketua Harian Relawan 11 , Ustadz Indra Kurniawan)

Continue Reading

Nasional

Ketua TPP Kelurahan Kedaung Berharap Tidak Ada ekses Negatif di Pesta Demokrasi

Published

on

Kedaung,

Hari ini 13/02/2024, pendistribusian logistik Pemilu kelurahan Kedaung dilaksanakan . Ada 50 TPS yang tersebar di wilayah kelurahan Kedaung mendapatkan giliran untuk diantarkan petugas PPS kelurahan Kedaung kec sawangan kota Depok .

Perlu di ketahui bahwa Team pemantau pemilu kelurahan Kedaung akan memberikan reward kepada setiap TPS yang berhasil mendatangkan peserta pemilu terbanyak .

Ketua team pemantau Pemilu kelurahan Kedaung Dion Wijaya, berharap bahwa semoga dengan adanya pesta demokrasi di wilayah kelurahan Kedaung berjalan lancar tertib dan aman. Tidak ada ekses negatif dari penyelenggaraan pemilu tahun ini.

Dion juga mengucapkan terimakasih yang sebesarnya kepada para masyarakat serta relawan lingkungan Kedaung yang dengan ikhlas membantu jalannya pendistribusian logistik TPS di 50 lokasi .

Untuk menambah daya semangat warga kedaung serta meningkatkan partisipasi kehadiran di TPS pada kelurahan kedaung dan menghindari untuk tidak golput
Lurah kedaung (Dion Wijaya) menyiapkan hadiah untuk tingkat partisipasi pemilih tertinggi di TPS…
Untuk tingkat partisipasi ke 1 hadiah uang Rp. 1.500.000
Tingkat partisipasi ke 2 hadiah uang Rp.1.000.000
Tingkat partisipasi ke 3 hadiah uang Rp.500.000.

” Ayo datang ke TPS
jangan golput “. Tutup ketua pemantau Pemilu kelurahan Kedaung.

Marudin ketua PPS kelurahan menambahkan, bahwa Terkait dengan pendistribusian logistik di setiap TPS wilayah Kedaung. Alhamdulillah lancar pengiriman terkait ke 50 TPS yang ada di Kedaung . terlibat dalam pendistribusian adalah panitia PPS dan sekretariat PPS kelurahan juga masyarakat. Ada 12.000 DPT di kelurahan kedaung terbagi di 50 TPS . Setiap TPS ditempatkan 7 petugas PPS “. tutup Marudin

Continue Reading

Trending