Sosialisasi Pelatihan Inovasi Tepat Guna di Laksanakan di kelurahan Kedaung.

PostJakarta
0


Kedaung, 30/05/2023

Dalam rangka mensosialisasikan Gerakan Inovasi Tepat Guna di wilayah kelurahan Kedaung, kasie Ekbang ( Ekonomi dan Pembangunan) kelurahan Kedaung mengadakan kegiatan Sosialisasi Inovasi Tepat Guna kepada para generasi muda untuk berkarya dalam memanfaat limbah dalam upaya  gerakan kreatifitas pemuda dan  masyarakat Kedaung.

Hadir dalam acara tersebut diantaranya Lurah Dion Wijaya SE., Kasie Ekbang Kedaung Amir Saepullah ST., Remaja Karang Taruna serta penggerak UMKM kelurahan Kedaung, Utusan dari Bappeda Yana Ariatna ST, serta Azrina.

Lurah Kedaung Dion Wijaya SE mengatakan, "Dalam giat sosialisasi Teknologi tepat guna diharapakan,  bagaimana para generasi kreatif Kedaung bisa meningkatkan upaya memanfaatkan limbah secara inovatif walau tempat yang terbatas bisa menghasilkan ekonomi berdaya saing. Serta  tepat sasaran. 

Contohnya Seperti pekarangan rumah bisa dimanfaatkan. Seperti ternak ikan budi daya pohon pemanfaatan limbah dan sebagainya. Bisa menghasilkan pemasukan  ekonomi dari hasil pemanfaatan yang Tepat sasaran ,yang bisa menghasil untuk tambahan penghasilan keluarga.

Saya berharap usai sosialisasi ini akan terus di implementasikan secara bekelanjutan.  Pesan saya, Tolong di cermati dan dipahami sehingga membuat diri bertambah ilmu pengetahuan masing masing.  Dengan demikian Semoga tatanan ekonomi meningkat". Ujar Dion Wijaya.

Yana Ariatna ST. Utusan dari Bappeda Kota Depok Bidang pengembangan dan inovasi, menjelaskan bahwa Kegiatan rutin nasional ini Kita sosialisasi di 63 kelurahan di kota Depok.  Dengan program ini  adalah Untuk menangkap ide ide kreatif di kalangan pemuda.

Tekhnologi tepat guna dikenalkan tahun 1972 oleh emil salim . Kala itu arahnya untuk lingkungan hidup. saat itu perlu adanya terhnology tepat guna.

Sebagai  contoh awalnya pengambilan air dari sumur menggunakan bambu, menggunakan tali dan ember. Kemudian berkembang  ke pompa air manual hingga menggunakan mesin pengedot air tenaga listrik hingga ke kran air .

Saat ini banyak yang berhubungan inovasi bentuknya aplikasi seperti transportasi online dan belanja belanja. Inilah inovasi tepat guna  yang terus berkembang. Dengan pola pikir dan kerja yang inovatif tidak mustahil daya hidup akan terus bersaing dan menimbulkan ide ide kreatif demi kelangsungan hidup berkelanjutan". Tukas Yana 

Tags

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)