Connect with us

Uncategorized

Forum Kerukunan Umat Beragama Kota Tangsel Hadir Di acara MTQ Adalah Sebuah kehormatan

Published

on

 

Depan kika: Pdt. Dr. Thomas Kartomo, M.Th. (Kristen), Drs. Ida Ketut Ananta MM (Hindu), Pandita Tjen Eddy Sastro (Budha), Drs. H. Fachruddin Zuhri M.Si (Ketua), Romo Adipramono (Katolik), Heriyanto (Khonghucu), Bowo Budha, dan belakang berkaos biru Ketua Forum Umat Budha Banten Romo Yahya Santosa, bersama delegasi Umat BUDHA Tangsel.
Tangerang selatan,

Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) merupakan ajang pencarian pembaca Akqur’an terbaik, jika iya perempuan disebut Qori’ah dan jika iya laki-laki disebut Qori, tak sebatas itu, biasanya disertai juga dengan lomba Kaligrafi dan sebagainya.

MTQ tingkat Kota Tangerang Selatan ke 14, digelar Selasa 08.02.2023, dan sebuah KEHORMATAN, untuk pertamakali FKUB diberikan kesempatan ambil bagian memeriahkan perlehatan tersebut.

Delegasi Umat HINDU lengkap dengan Pecalang, dibawah binaan Drs. Ida Ketut Ananta MM (depan 2 dari kiri).

FKUB setidaknya memasang enam Sepanduk UCAPAN SELAMAT dan SUKSES kepada pemerintah, yang  berhasil menyelenggarakan MTQ begitu meriah pembukaannya, berupa PAWAI TAARUF.

Delegasi KRISTEN dibawah binaan Pdt. Josua Tampubolon, S.Th (baris kedua belakang, palibg kiri).

Delegasi KATOLIK dibawah koordinasi Romo Adipramono (depan 2 dari kanan).

Sesuai amanat Pimpinan kami FKUB  mengirim BARONGSAY, dan;  delegasi Agama Budha 20 orang dibawah binaan Pandita Tjen Eddy Sastro dari Vihara KWAN IN THANG, delegasi HINDU termasuk Pecalang 10 orang dibawah binaan Ida Ketut Ananta, delegasi KRISTEN menampilkan nuansa busana Batak, dibawah pimpinan Pdt. Josua Tampubolon S.Th dari HKBP Pondok Cabe, delegasi KATOLIK 13 orang dibawah binaan Romo Adipramono dari Gereja St. Monika,  delegasi KHONGHUCU 10 orang dibawah binaan Pak Heriyanto dari Lithang Pondok Cabe, dan delegasi gabungan Pengurus Harian dan Staf FKUB 12 orang dibawah koordinasi KH. Ahmad Yassin AR.

Delegasi KHONGHUCU dibawah binaan Heriyanto (depan paling kanan).

khusus untuk Tokoh Agama yang rata-rata senior alias sepuh, tidak ikut pawai berjalan kaki 1,5 km, mereka ditempatkan secara khusus di Panggung KEHORMATAN bersama-sama Walukota, Wakil Walikota, Ketua DPRD, Kepala Kantor Kemenag, DANDIM, KAPOLRES dan unsur Pimpinan lainnya, suasana demikian sungguh efektif menyemaikan benih-benih KERUKUNAN yang lebih mendalam, melalui interaksi langsung sesama umat beragama.

Delegasi khusus Gabungan: Ketua Panitia lokal FKUB (Pdt. Tjen Eddy Sastro 3 dari kiri), Penanggung Jawab PT.MTQ Panlok Ketua FKUB (3 dari kanan), KTU FKUB Irma Waida (depan paling kanan), dan SPU FKUB Fery Firdenand Wattimena (depan paling kiri).

Drs. H. Fachruddin Zuhri Selaku Ketua FKUB kami merasa tersanjung dan terhormat, boleh ambil bagian memeriahkan hajat MTQ KOTA TANGSEL KE 14, semoga apa yang kami FKUB persembahkan bisa bermanfaat untuk semuanya. Terlebih lagi dengan hadirnya 75 (tujuh puluh lima) umat lintas agama yang tampil dengan aneka busana khas masing-masing agamanya… hadirnya FKUB kota Tangsel menambah serta mempertebal semangat toleransi sesama umat lintas agama”.

Kehadiran mereka  sebagai upaya menterjemahkan keinginan Walikota yang tampaknya, melalui perlehatan momentum MTQ berihtiar membumikan motto Tangsel. (Cerdas Modern Religius). khususnya dalam aspek religiusitas yang konkrit dan lebih mudah dipahami masyarakat awam “. Terang Bang Fachruddin.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Uncategorized

Kang Nurdin DSPC Bogor di Nobatkan Sebagai Panglima Baranusa Depok dan ketua DPC. Perguruan Silat Maung Bodas Kab. Bogor.

Published

on

Arak arakan pengukuhan Kang Nurdin sebagai Panglima Baranusa Depok dan Ketua DPC. PS. Maung Bodas Kab. Bogor Jabar. (Poto istimewa)

Bogor, Keradenan

Dalam acara Perhelatan Haul  KH. Safe’i bin Nasib tokoh ulama dan wali penyebar agama Islam Keradenan Bogor  yang dihadiri oleh beberapa perkumpulan Perguruan silat dan Ormas ke Kab. Bogor berlangsung hikmat meriah. Dalam acara perhelatan dilangsungkan juga pengukuhan Kang Nurdin DSPC sebagai Panglima Baranusa Depok dan Ketua DPC. Perguruan silat Maung Bodas Kab. Bogor Jabar. (Kamis 27 Juli 2023)

Adapun yang mengukuhkan diantaranya KH. M. Fajar Laksana pimpinan Pondok Pesantren Al.Fath Sukabumi Jabar, ketua DPC. PS. Maung Bodas DKI Jakarta pak Hartono,  Muspika wilayah Keradenan serta para pemuka masyarakat dan ketua Perguruan silat Jabodetabek.

‌Kang Nurdin mengatakan bahwa salam satu komando, salam sabatin, salam budaya. Acara ini terselenggara berkat sokongan dan doa restu dari berbagai perguruan silat yang satu rasa satu nafas alam mempertahankan seni budaya pencak silat Jawa Barat. Disamping itu ini adalah bentuk silaturahmi yang terus menerus dan tiada henti. Insya Allah ke depan pelestarian seni budaya silat Sunda dan Betawi dapat dukungan dari masyarakat dan pemangku kebijakan di wilayah maupun tingkat Nasional”.

kang Nurdin menambahkan, Dengan semangat pertahanan serta pelestarian terhadap seni budaya silat Sunda dan Betawi kami para pesilat siap bersinergi dengan berbagai instansi terkait pemberdayaan kebudayaan seni silat Sunda dan Betawi. Dan juga kami akan selalu mengadakan sosialisasi terhadap generasi muda untuk mencintai budaya silat”. Jelas kang Nurdin. 

Continue Reading

Uncategorized

Kaesang Pangarep Resmikan Outlet Sang Pisang di Kota Depok

Published

on

 Depok. 

– Kedatangan Putra bungsu Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep menyambangi Sawangan Depok, Jawa Barat. Kaesang datang bersama istrinya, Erina Gudono, 

“Selamat sore semuanya terima kasih buat semuanya, Ibu-ibu, Bapak-bapak, dan Adik-adik juga terima kasih sudah menyempatkan hadir di grand opening Sang Pisang,” ujar Kaesang dalam sambutannya, di Jalan Abdul Wahab, Sawangan Depok  Selasa (25/7/2023).

” Kaesang datang mengenakan baju berwarna putih dan krem. Sedangkan Erina mengenakan baju berwarna hitam.

“Menurutnya, kedatangannya ke Depok hanya untuk meresmikan gerai makanan miliknya di Sawangan. Bukan untuk berkampanye, meski digadang-gadang akan maju di Pilkada Depok 2024.


“Kaesang mengatakan kedatangannya untuk membuka usaha makannya. Kaesang menyebut kedatangannya ke lokasi bukan untuk kampanye.


“Perlu saya ingatkan sekali lagi ini bukan kampanye, ini saya buka Sang Pisang di sini,” lanjutnya.


Pada pukul 16.18 WIB, Kaesang bersama Vicky Prasetyo dan Babe Cabita berkaraoke. Mereka juga ramai difoto oleh warga di lokasi.

“Terima kasih yang sudah menyempatkan hadir di grand opening Sang Pisang. Perlu saya ingatkan sekali lagi, ini itu bukan kampanye,” jelas Kaesang, Selasa.

“Saya di sini akan membuka Sang Pisang di Depok yang kedua karena dulu sudah pernah di Margonda, cuma tutup. Saya buka lagi di Sawangan kali ini,” Pungkasnya.

Continue Reading

Uncategorized

Dalam rangka Hari Dharma Karya Dhika (HDKD) Ke-78 Tahun 2023, Badan Strategi Kebjakan Hukum dan HAM Gelar Seminar Nasional Bertema Hukum Yang Hidup Dalam Masyarakat

Published

on

 Jakarta, Graha Pengayoman 

Seminar Nasional “Menyongsong Berlakunya Hukum yang Hidup dalam Masyarakat Berdasarkan UU No. 1 Tahun 2023 tentang KUHP”  (Badan Strategi Kebijakan Hukum dan HAM Kementerian Hukum dan HAM)

Dalam rangka Hari Dharma Karya Dhika (HDKD) Ke-78 Tahun 2023, Badan Strategi Kebjakan Hukum dan HAM menyelenggarakan acara Seminar Nasional bertema “Menyongsong Berlakunya Hukum yang Hidup Dalam Masyarakat Berdasarkan UU No. 1 Tahun 2023 tentang KUHP” Kegiatan ini dimaksudkan selain sebagai wadah sosialisasi kebijakan Pemerintah khususnya tentang KUHP baru kepada masyarakat, juga sebagai bentuk identifikasi isu, permasalahan serta kebutuhan atas pengaturan konsep “hukum yang hidup di dalam masyarakat”. 

Hal ini dimaksud agar Pemerintah, khususnya Kementerian Hukum dan HAM dapat menjanng masukan dari berbagai pihak atas materi muatan yang perlu dimuat pada Peraturan Pemenntah (PP) yang akan dibuat tentang Tata Cara dan Kriteria Penetapan Hukum yang Hidup Dalam Masyarakat. 

Kegiatan ini menghadirkan 5 (lima) Narasumber diantaranya:

 adalah Prof. Dr. Edward O.S. Hianej, S.H., M.Hum., Wakil Menteri Hukum dan HAM, sebagai keynote speech yang menyampaikan maten tentang Politik Hukum dan Arah Pengaturan Hukum Adat dalam KUHP. 

Selain itu kegiatan ini juga menghadirkan narasumber eksternal lainnya seperti :

1) Prof. Dr. Pujiyono, S.H., M.Hum.. Guru Besar Fakultas Hukum Universitas Diponegoro, yang memaparkan mengenai Pluralisme Hukum: Hukum Positif dan Hukum yang Hidup dalam Masyarakat: 

2) Dr. H. Prim Haryadi, S.H., M.H., Hakim Agung Mahkamah Agung RI, yang memaparkan tentang Tantangan Penerapan Hukum yang Hidup dalam Masyarakat dalam Penegakan Hukum,

 3) Fery Fathurokhman, S.H., M.H., Ph.D., Dosen Bidang Hukum Pidana (Pidana Adat) Universitas Sultan Agung Tirtayasa yang menyampaikan tentang Strategi Inktusi Hukum Adat ke dalam Hukum Pidana Nasional,

  4) Erasmus A.T. Napitupulu, S.H., Direktur Eksekutif /Institure for Criminal Justice Reform (ICJR) yang menyampaikan tentang Pembaharuan Hukum Pidana dalam Konstruksi Formalisasi Hukum yang Hidup dalam Masyarakat. 

Pada kesempatan ini peserta adalah semua pihak yang berkaitan dengan proses pembentukan PP tentang Tata Cara dan Kriteria Penetapan Hukum yang Hidup Dalam Masyarakat, baik dari unsur kementerian/lembaga : organisasi nonpemerintah, akademisi : serta masyarakat umum.

Continue Reading

Trending